Categories
Artikel

TIPS PRAKTIS MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL UNTUK MEMBANGUN “TRUST”

indonesiaspicingtheworld.com. “Don’t Sell It Yourself; Let Experts Do the Work for You” (Paul Marsden  & Paul Chaney, 2013).

 

Menjual dengan menggunakan otoritas merupakan salah satu teknik yang paling ampuh dalam perdagangan. Misalnya menggunakan selebriti, atlet dan profesional untuk menawarkan produk. Karena, otoritas memiliki pengaruh persuasif yang kuat (Marsden  & Chaney, 2013).

 

Selain itu, Marsden  & Chaney menyebutkan otoritas juga bisa berasal dari  teman yang kita kenal, kagumi, dan percayai. Hadirnya media sosial semakin memperkuat peran teman untuk merekomendasikan produk yang mereka gunakan. Oleh sebab itu, pelaku usaha sebaiknya dapat memanfaatkan jejaring pertemanan di media sosial sebagai saluran pemasaran dan promosi.

Namun, Pak Bi mengingatkan saat pelaku usaha berencana menggunakan influencer untuk mempromosikan produk Brand mereka, maka pelaku usaha harus memastikan influencer mampu meningkatkan TRUST pada produk Brand tersebut. Oleh sebab itu, pak Bi memperkenalkan “influencer canvas” yang dikembangkan pak Bi di tahun 1976 dan ternyata masih relevan sampai saat ini.

 

“Influencer canvas” terdiri dari dua kuadran, yakni PERSON dan PERAN. Pada kuadran PERSON terdiri dari tiga jenis, yaitu teman, expert dan celebrity, sedangkan pada kuadran PERAN terdiri dari tiga jenis, yaitu influencer, endorser dan testimoni.

Tertarik tentang “influencer canvas” ?

Silahkan bergabung di Workshop Offline Ekslusif “Bisa Bikin Brand” tanggal 16-17 Mei 2023.

Buruan daftar di biolink @subiakto atau hubungi pak Kasim 085223944575 untuk keterangan workshopnya.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang